Pasar Grosir Segiri Samarinda Mengurangi Kemacetan, Lahan Parkir Bisa Menampung Ratusan Kendaraan


Naskah :Sukrie
Keberadaan Pasar Grosir Segiri di Jalan Pahlawan Samarinda memberikan arti tersendiri untuk perkembangan kota Samarinda sebagai kota bisnis. . Dimana Samarinda selama ini terkesan sulit menyelesaikan persoalan parkir.


Apalagi diketahui keberadaan pasar biasanya membuat kemacetan . Pasar Segiri Samarinda yang berdekan dekat jalan umum . Tentunya tidak dapat dipungkiri kemacetan arus lalu lintas terjadi.
Setelah di operasikannya  Pasar Grosir Segiri baru baru ini  , terlihat ada pengurangan volume kemacetan yang sebelumnya terlihat amburadul dan terkesan tak teratur.

Dari pantauan nuansa dilapangan dampak positif dirasakan setelah sebagian area di buka. Kendaraan yang sebelumnya parkir di depan jalan sekitar area Pasar Segiri, namun saat ini mulai sedikit demi sedikit tak terlihat antrian panjang. Karena kendaraan yang melakukan aktifitas di Pasar Segiri sudah menggunakan area parkir yang disediakan pengembang PT. Yuda Putra Kaltim perusahaan lokal milik H. Yunan Kadir .

Penilaian tersebut  pernah dilontarkan Kepala Dinas Perhubungan Kota Samarinda “ Suko Sunawar “ Bahwa dengan berdirinya Pasar Grosir Segiri sedikit bisa terbantu , yang dulunya semua kendaraan parkir di area jalan Pahlawan sehingga membuat macet. Meski baru lantai 1  digunakan terlihat sudah dapat menampung ratusan kendaraan roda empat maupun kendaraan roda dua. Termasuk menjadi bongkar muat .

Diakuinya ide merekayasa kamacetan dilokasi tersebut, juga berdasarkan kerjasama semua pihak. Baik Dishub, Satlantas Poresta Samarinda  Dinas  Pasar , UPTD Pasar Segiri dan insvestor yakni PT. Yuda Putra Kaltim.
Memantau pelaksanaan uji coba Alhamdulillah berjalan lancar hampir tidak ada  lagi kendaraan macet di lokasi tersebut.

Dishub dalam hal ini sebagai dinas tekhnis akan memantau perkekembangan dan mengevaluasi kondisi di Jalan pahlawan pasca beroperasinya parkir Pasar Grosir Segiri Samarinda. Pihaknya akan selalu memantau agar hal ini  mengurangi kemacetan di lokasi Pasar Segiri.

Tempat terpisah pimpinan PT. Yuda Putra Kaltim kepada Nuansa menyebutkan “ bahwa  dari awal pembangunan  Pasar Grosir Segiri, memang di desin agar dapat membantu mengurangi kemacetan arus lalu lintas di Jalan Pahlawan yang terkenal macet.

Untuk sementara bangunan Pasar Grosir Segiri belum terlihat, karena masih proses pengerjaan . Diharapkan kalau ini sudah selesai seluruhnya dapat dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis . Pasar ini nantinya akan dijadikan tempat transaksi bagi masyarakat Samarinda , konsep  bangunannya seperti bangunan Pasar Grosir Tanah Abang dan paling terlengkap .


Baik fasilitas parkir maupun fasilitas lainnya. Bangunan ini bisa menampung parkir  kendaraan roda empat sampai 200 mobil sedangkan sepeda motor bisa menampung 1200 kendaraan roda dua.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar